Mengenal E-commerce
Nama : Aisyah Rahma Kusnadi
Npm : 2019610101
Kelas : MNJ 5B
Apa itu e -commerce?
A. Perdagangan elektronik (bahasa Inggris: electronic commerce atau
e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, dan jaringan komputer lainnya.
B. Ada beberapa jenis transaksi di dalam
e-commerce ini, antara lain bisnis ke bisnis,
bisnis ke konsumen, konsumen ke konsumen atau konsumen ke bisnis. Karena itu,
istilah e-commerce dan e-business selalu dikaitkan.
1. E-Commerce Business to Business (B2B)
Transaksi
e-commerce ini dilakukan oleh dua belah pihak yang sama-sama memiliki
kepentingan bisnis. Dua belah pihak ini saling mengerti dan mengetahui bisnis
yang dijalankan.
Umumnya
bisnis tersebut dilaksanakan secara berkesinambungan, atau secara sederhana
berlangganan. Contoh sederhana dari B2B ini yaitu produsen dan suplier yang
saling bertransaksi secara online baik untuk konsultasi kebutuhan barang,
hingga proses pembayarannya.
2. E-commerce Business to Consumer (B2C)
Business
to consumer dilakukan oleh pelaku bisnis dan konsumen. Transaksi e-commerce ini
terjadi layaknya jual-beli biasa. Konsumen mendapatkan penawaran produk dan
melakukan pembelian secara online.
3. E-commerce C2C (Konsumen Ke Konsumen)
Untuk
C2C, traksaksi dilakukan oleh konsumen ke konsumen. Kalau Anda sering
menggunakan Tokopedia, Bukalapak, OLXdan sejenisnya, maka inilah yang dinamakan
B2C e-commerce.
Transaksi
jual beli di lakukan secara online melalui marketplace. Jadi C2C disini menjadi
perantara antara penjual dan pembeli.
4. Consumen to Busines (C2B)
C2B
adalah kebalikan B2C yang mana konsumen terakhir bertindak sebagai penjual dan
perusahaan bertindak sebagai pembeli.
5. Media atau Aplikasi E-commerce
Seperti
yang dijelaskan dalam pengertian e-commerce diatas, transaksi bisnis ini
bergantung pada sejumlah aplikasi dan media online lainnya, misalnya katalog,
email, shopping carts, eb service, EDI dan file transfer protocol. Hal ini
tentunya melibatkan kegiatan B2B (business to business).
C. Contoh E-Commerce di Indonesia
Sebenarnya
bisnis e-commerce di Indonesia sudah berlangsung sejak lama. Beberapa contoh
e-commerce di Indonesia antara lain:
1. Jual Beli Online di Marketplace
Transaksi
jual-beli online di Marketplace lokal sudah sangat marak saat ini. Beberapa
marketplace terkenal di Indonesia seperti; Bukalapak.com, Tokopedia.com,
Blibli.com, Kaskus.co.id, Traveloka, dan lain sebagainya.
2. Internet Banking dan SMS Banking
Transaksi
pembayaran melalui internet dan jaringan telekomunikasi juga merupakan bagian
yang tak terpisahkan dari kegiatan e-commerce.
3. TV Kabel dan Internet Provider
Berlangganan
TV Kabel dan internet juga merupakan salah satu bentuk e-commerce yang sudah
cukup lama berlangsung di Indonesia. Beberapa perusahaan yang ada di bisnis TV
kabel dan internet provider diantaranya; Indovision, Big TV, Indihome,
MyRepublic, dan Firstmedia.
D. Komponen
E-Commerce
Pada
praktiknya, di dalam e-commerce terdapat beberapa komponen standar yang
mendukung proses operasionalnya, diantaranya adalah:
1. Produk
E-commerce
mendukung penjualan berbagai jenis produk, mulai dari produk fisik hingga
produk digital
·
Produk
digital: ebook membership, software, musik, dan lain-lain
·
Produk
fisik: buku, pakaian, gadget, makanan, dan lain-lain
2. Tempat Menjual Produk
Kegiatan
e-commerce dilakukan di internet, maka dibutuhkan domain dan hosting untuk
membuat website sebagai media pemasaran .
3. Cara Menerima Pesanan
Ada
banyak cara yang bisa dilakukan untuk meneriman pesanan. Diantaranya adalah
dengan memanfaatkan email, telepon, SMS, Chatting ,dan lain-lain.
4. Metode Pembayaran
Beberapa
metode pembayaran e-commerce pada umumnya menggunakan transfer via ATM, kartu
kredit, COD, e-payment.
5. Metode Pengiriman
Cara
pengiriman barang e-commerce di Indonesia biasanya menggunakan jasa pengiriman
barang (JNE, TIKI, Pos Indonesia, dan lain-lain). Namun, ada juga yang
menggunakan jasa antar dari Ojek Online.
6. Customer Service
Layanan
pelanggan merupakan komponen yang sangat penting dalam operasional e-commerce.
Aktivitas ini umumnya dilakukan melalui email, formulir online, FAQ, telepon,
chatting, dan social media.
Referensi :
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
https://bbs.binus.ac.id/business-creation/2020/10/jenis-jenis-e-commerce/
Komentar
Posting Komentar