Apa Itu Komputer ?
Nama : Aisyah Rahma Kusnadi
Npm : 2019610101
Kelas : MNJ 5B
A. Definisi Komputer
Istilah komputer mempunyai arti yang
luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil
dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to
reckon).
Definisi komputer menurut beberapa ahli,
antara lain:
1. Hamacher
mendefinisikan komputer sebagai
mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input
digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di
memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
2. Fuori
berpendapat bahwa komputer adalah
suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat,
termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur
tangan dari manusia.
3. Blissmer (1985), komputer adalah
suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima
input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan
perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam
bentuk informasi.
4. Sanders (1985), komputer adalah
sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta
dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan
menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan
instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.
Dan masih banyak lagi ahli yang
mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer.
Namun, pada intinya dapat
disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat
menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu
program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan
hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
B. Supaya komputer dapat digunakan
untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem
komputer. Secara umum, sistem terdiri dari elemen -elemen yang saling
berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari
sistem tersebut.
C. Tujuan pokok dari sistem
komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu
didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware),
perangkat lunak (software), dan brainware.
1. Perangkat keras (hardware) komputer adalah perangkat komputer yang
secara fisik dapat dilihat dan diraba oleh indera manusia, perangkat tersebut
membentuk suatu kesatuan, sehingga dapat difungsikan berdasarkan kegunaannya.
Secara umum perangkat keras komputer mempunyai 4 fungsi utama, yaitu:
a. Alat Masukan (Input)
Alat input adalah komponen
komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau informasi yang akan diproses
oleh komputer dalam bentuk digital. Beberapa komponen input pada komputer
antara lain adalah keyboard, Mouse, Scanner, Floppy Disk, dan CD-ROM.
b. Alat Proses
Alat proses adalah komponen
komputer yang berfungsi untuk mengolah data atau informasi yang diterima dari
komponen input dan mengontrol keseluruhan kinerja sistem komputer selama proses
pengolahan data atau infromasi berlangsung. Beberapa komponen proses pada
komputer antara lain adalah Motherboard, Processor, Power Supply, VGA Card, dan
I/O Card.
c. Alat Penyimpanan
Alat penyimpanan adalah
komponen komputer yang berfungsi sebagai media atau tempat penyimpanan data
pada komputer. Data yang disimpan dapat berupa data sistem, data program
aplikasi, dan data milik pengguna atau user. Beberapa komponen penyimpanan pada
komputer antara lain adalah Memori (RAM) dan Harddisk, dan Flashdisk.
d. Alat Keluaran
(Output)
Alat output adalah komponen
komputer yang berfungsi untuk menampilkan data atau informasi yang telah diolah
oleh komputer. Beberapa komponen output pada komputer antara lain adalah
Monitor, Printer, dan Speaker.
2. Perangkat lunak (software) komputer adalah perangkat komputer yang tidak
dapat dilihat dan diraba secara fisik oleh indera manusia. Software pada
umumnya juga dikenal dengan perangkat komputer yang berisi perintah atau
instruksi yang bisa dimengerti oleh komputer. Perangkat lunak komputer terbagi
menjadi 2 macam, yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
1. Perangkat Lunak Sistem
Perangkat lunak komputer
adalah perangkat lunak komputer yang berhubungan langsung dengan
komponen-komponen perangkat keras komputer, baik dalam pemrogramannya mampun
perawatannya. Perangkat lunak sistem pada komputer antara lain adalah Sistem
Operasi, Bahasa Pemrograman, dan Program Utility.
a. Sistem Operasi
Sistem operasi adalah
perangkat lunak sistem pada komputer yang memiliki fungsi untuk mengontrol dan
melakukan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem
komputer, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti pengolah kata,
angka, gambar, dan web. Komputer tidak dapat menjalankan program aplikasi tanpa
sebuah sistem operasi. Contoh sistem operasi komputer antara lain adalah
Microsoft Windows (mulai dari Windows Vista, XP, 7, 8, 8.1, 10 dan yang
lainnya), Linux (Slackware, RedHat, Kali, Debin, Ubuntu, dan yang lainnya),
Unix, FreeBSD, Solaris, Macintosh, RemixOS, dan lain-lain.
b. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman adalah
perangkat lunak sistem pada komputer yang berisi kumpulan instruksi-instruksi
dan aturan-aturan komputer, disajikan dalam bentuk bahasa atau kode yang bisa
dimengerti oleh komputer sehingga komputer dapat mengerjakan tugas yang
diperintahkan sesuai dengan instruksi yang telah dirumuskan pada bahasa pemrograman
tersebut. Berdasarkan levelnya, bahasa pemrograman pada komputer dibagi menjadi
3 kategori, yaitu:
1.
Low Level Language,
contohnya adalah bahasa pemrograman Assembly.
2.
Middle Level Language,
contohnya adalah bahasa pemrograman C dan C++.
3.
Hight Level Language,
contohnya adalah bahasa pemrograman BASIC dan Pascal.
c. Program Utility
Program Utility adalah
perangkat lunak sistem pada komputer yang berfungsi untuk melengkapi kinerja
dari sistem operasi dan meningkatkan kinerja komputer. Program utility yang
ditujukan untuk melengkapi kinerja dari sistem operasi contohya adalah
antivirus. Kebanyakan sistem operasi tidak dilengkapi dengan antivirus, kecuali
sistem operasi milik perusahaan Microsoft yaitu Windows, contohnya adalah
Windows 10. Sedangkan program utility untuk meningkatkan kinerja komputer
contohnya adalah Disk Defragment, yaitu program utility yang memiliki kemampuan
untuk melakukan partisi pada harddisk dan merapikan file-file data yang
tersebar di harddisk.
2. Perangkat
Lunak Aplikasi
Perangkat Lunak Aplikasi
adalah perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk membantu manusia atau pengguna
komputer dalam menyelesaikan pekerjaannya di suatu bidang tertentu. Beberapa
contoh perangkat lunak aplikasi komputer antara lain adalah sebagai berikut.
a. Dekstop Publishing
Merupakan program lunak
aplikasi yang berfungsi mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga
siap untuk dicetak. Contohnya adalah Ventura Publisher, Page Maker, Adobe
Indesign, dan lain-lain.
b. Program Spread Sheet
Merupakan program lunak
aplikasi yang berfungsi untuk membuat dokumen berupa data dalam format baris
dan kolom. Contohnya adalah Microsoft Excel dan Lotus Improve.
c. Word Processing
Merupakan program lunak
aplikasi yang berfungsi untuk membuat dan mengedit sebuah dokumen dalam bentuk
naskah teks. Contohnya adalah Microsoft Word, Open Office Writer, Lotus Ampiro,
ABI Word, Word Perfect, dan WPS Office Word.
d. Database Management
System
Merupakan program lunak
aplikasi yang berfungsi untuk melakukan manajemen data pada komputer dalam
jumlah yang besar. Proses manajemen meliputi menambahkan data, menghapus data,
mengedit data, dan menyimpan data, sehingga kemudian akan menghasilkan sebuah
informasi yang diperlukan oleh sebuah program pada komputer. Proses manajemen
data ini dikenal dengan DBMS (Database Mangement System). Contohnya adalah
Microsoft Access, Microsoft SQL, Paradox, Appreach, dan lain-lain.
e. Graphic
Merupakan program lunak
aplikasi yang berfungsi untuk keperluan membuat dan mengedit data berupa gambar
dan video. Contohnya adalah Adobe Photoshop, Corel Draw, Stanford Graphics,
Visio, dan lain-lain.
f. Accounting Program
Merupakan perangkat lunak
aplikasi yang berfungsi untuk mengelola data yang berhubungan dengan proses
perhitungan, keuangan, dan akuntansi. Contohnya adalah MYOB, Dac Easy
Accounting, Pacioli Zoo, Peach Tree Accounting, dan lain-lain.
g. Statistics Program
Merupakan perangkat lunak
aplikasi yang berfungsi untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan
analisis statistika. Contohnya adalah SAS, SPSS, Statistica, dan lain-lain.
h. Communication
Merupaka perangkat lunak
aplikasi yang berfungsi untuk berkomunikasi dengan pengguna komputer lainnya,
baik yang berada dalam satu jaringan lokal maupun berbeda jaringan. Contohnya
adalah Datafax, Pro Comn Plus, Crass Talk, Carbon Copy, dan lain-lain.
i. Multimedia
Merupakan perangkat lunak
aplikasi yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan peralatan media
seperti kamera digital dan video player. Contohnya adalah Windows Media Player,
K-Lite Codec, GOM Player, dan lain-lain.
j. Game
Merupakan perangkat lunak
aplikasi yang paling banyak digemari oleh pengguna komputer khusunya kalangan
anak-anak hingga dewasa. Perangkat lunak aplikasi ini berfungsi untuk melakukan
sebuah permainan digital yang ditujuan sebagai media hiburan bagi pengguna
komputer. Contohnya adalah Flight Emulator, Base Ball, PES, Prince of Persia,
dan lain-lain.
3.Perangkat manusia (brainware)
Perangkat manusia atau pengguna (brainware) adalah
manusia, pengguna, ataupun user yang menggunakan perangkat-perangkat
kompute, baik perangkat keras maupun perangkat lunak komputer. Pengguna pada
komputer terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu:
·
Sistem Analis, adalah
seseorang yang melakukan rancangan analisis sistem yang kemudian akan
dikerjakan oleh seorang programmer.
·
Programmer, adalah
seseorang yang mengerjakan program berdasarkan analisis sistem yang diberikan
oleh seorang analis sistem.
·
Operator, adalah seseorang yang
menjalankan program yang telah dikerjakan oleh seorang programmer.
D.
PENGGOLONGAN
KOMPUTER
·
Literatur
terbaru tentang komputer melakukan penggolongan komputer berdasarkan tiga hal:
data yang diolah,penggunaan, kapasitas/ukurannya,dan generasinya.
1.
Berdasarkan Data Yang Diolah
· a. Komputer
Analog
· b. Komputer
Digital
· c. Komputer
Hybrid
2.
Berdasarkan Penggunannya
· a. Komputer
Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)
· b. Komputer
Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)
3.Berdasarkan
Kapasitas dan Ukurannya
· a. Komputer
Mikro (Micro Computer)
· b. Komputer
Mini (Mini Computer)
· c. Komputer
Kecil (Small Computer)
· d. Komputer
Menengah (Medium Computer)
· e. Komputer
Besar (Large Computer)
· f. Komputer
Super (Super Computer)
4.
Berdasarkan Generasinya
· a. Komputer
Generasi Pertama (1946-1959)
· b. Komputer
Generasi Kedua (1959-1964)
· c. Komputer
Generasi Ketiga (1964-1970)
· d.Komputer
Generasi Keempat (1979-sekarang)
· e. Komputer
Generasi Kelima
Referensi :
https://calon-amd.blogspot.com/2019/07/elemen-penyusun-sistem-komputer.html?m=1
http://staffnew.uny.ac.idmodulpengantaraplikasikomputer
Komentar
Posting Komentar