Apa Itu Komputer ?

Nama : Aisyah Rahma Kusnadi 

Npm   : 2019610101

Kelas  : MNJ 5B 

A. Definisi Komputer 

Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). 

Definisi komputer menurut beberapa ahli, antara lain:

1. Hamacher 

mendefinisikan komputer sebagai mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. 

2. Fuori 

berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia. 

3. Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. 

4. Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.

Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. 

Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

B. Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum, sistem terdiri dari elemen -elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut. 

C.  Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. 

1. Perangkat keras (hardware) komputer adalah perangkat komputer yang secara fisik dapat dilihat dan diraba oleh indera manusia, perangkat tersebut membentuk suatu kesatuan, sehingga dapat difungsikan berdasarkan kegunaannya. Secara umum perangkat keras komputer mempunyai 4 fungsi utama, yaitu:

a. Alat Masukan (Input)

Alat input adalah komponen komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau informasi yang akan diproses oleh komputer dalam bentuk digital. Beberapa komponen input pada komputer antara lain adalah keyboard, Mouse, Scanner, Floppy Disk, dan CD-ROM.

b. Alat Proses

Alat proses adalah komponen komputer yang berfungsi untuk mengolah data atau informasi yang diterima dari komponen input dan mengontrol keseluruhan kinerja sistem komputer selama proses pengolahan data atau infromasi berlangsung. Beberapa komponen proses pada komputer antara lain adalah Motherboard, Processor, Power Supply, VGA Card, dan I/O Card.

 

c. Alat Penyimpanan

Alat penyimpanan adalah komponen komputer yang berfungsi sebagai media atau tempat penyimpanan data pada komputer. Data yang disimpan dapat berupa data sistem, data program aplikasi, dan data milik pengguna atau user. Beberapa komponen penyimpanan pada komputer antara lain adalah Memori (RAM) dan Harddisk, dan Flashdisk.

 

 d. Alat Keluaran (Output)

Alat output adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan data atau informasi yang telah diolah oleh komputer. Beberapa komponen output pada komputer antara lain adalah Monitor, Printer, dan Speaker.

 

2. Perangkat lunak (software) komputer adalah perangkat komputer yang tidak dapat dilihat dan diraba secara fisik oleh indera manusia. Software pada umumnya juga dikenal dengan perangkat komputer yang berisi perintah atau instruksi yang bisa dimengerti oleh komputer. Perangkat lunak komputer terbagi menjadi 2 macam, yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.

1. Perangkat Lunak Sistem

Perangkat lunak komputer adalah perangkat lunak komputer yang berhubungan langsung dengan komponen-komponen perangkat keras komputer, baik dalam pemrogramannya mampun perawatannya. Perangkat lunak sistem pada komputer antara lain adalah Sistem Operasi, Bahasa Pemrograman, dan Program Utility.

a. Sistem Operasi

Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem pada komputer yang memiliki fungsi untuk mengontrol dan melakukan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem komputer, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti pengolah kata, angka, gambar, dan web. Komputer tidak dapat menjalankan program aplikasi tanpa sebuah sistem operasi. Contoh sistem operasi komputer antara lain adalah Microsoft Windows (mulai dari Windows Vista, XP, 7, 8, 8.1, 10 dan yang lainnya), Linux (Slackware, RedHat, Kali, Debin, Ubuntu, dan yang lainnya), Unix, FreeBSD, Solaris, Macintosh, RemixOS, dan lain-lain.

b. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah perangkat lunak sistem pada komputer yang berisi kumpulan instruksi-instruksi dan aturan-aturan komputer, disajikan dalam bentuk bahasa atau kode yang bisa dimengerti oleh komputer sehingga komputer dapat mengerjakan tugas yang diperintahkan sesuai dengan instruksi yang telah dirumuskan pada bahasa pemrograman tersebut. Berdasarkan levelnya, bahasa pemrograman pada komputer dibagi menjadi 3 kategori, yaitu:

1.      Low Level Language,  contohnya adalah bahasa pemrograman Assembly.

2.      Middle Level Language, contohnya adalah bahasa pemrograman C dan C++.

3.      Hight Level Language, contohnya adalah bahasa pemrograman BASIC dan Pascal.

 

c. Program Utility

Program Utility adalah perangkat lunak sistem pada komputer yang berfungsi untuk melengkapi kinerja dari sistem operasi dan meningkatkan kinerja komputer. Program utility yang ditujukan untuk melengkapi kinerja dari sistem operasi contohya adalah antivirus. Kebanyakan sistem operasi tidak dilengkapi dengan antivirus, kecuali sistem operasi milik perusahaan Microsoft yaitu Windows, contohnya adalah Windows 10. Sedangkan program utility untuk meningkatkan kinerja komputer contohnya adalah Disk Defragment, yaitu program utility yang memiliki kemampuan untuk melakukan partisi pada harddisk dan merapikan file-file data yang tersebar di harddisk.

 

2. Perangkat Lunak Aplikasi

 

Perangkat Lunak Aplikasi adalah perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk membantu manusia atau pengguna komputer dalam menyelesaikan pekerjaannya di suatu bidang tertentu. Beberapa contoh perangkat lunak aplikasi komputer antara lain adalah sebagai berikut.

 

a. Dekstop Publishing

Merupakan program lunak aplikasi yang berfungsi mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. Contohnya adalah Ventura Publisher, Page Maker, Adobe Indesign, dan lain-lain.

 

b. Program Spread Sheet

Merupakan program lunak aplikasi yang berfungsi untuk membuat dokumen berupa data dalam format baris dan kolom. Contohnya adalah Microsoft Excel dan Lotus Improve.

 

c. Word Processing

Merupakan program lunak aplikasi yang berfungsi untuk membuat dan mengedit sebuah dokumen dalam bentuk naskah teks. Contohnya adalah Microsoft Word, Open Office Writer, Lotus Ampiro, ABI Word, Word Perfect, dan WPS Office Word.

 

d. Database Management System

Merupakan program lunak aplikasi yang berfungsi untuk melakukan manajemen data pada komputer dalam jumlah yang besar. Proses manajemen meliputi menambahkan data, menghapus data, mengedit data, dan menyimpan data, sehingga kemudian akan menghasilkan sebuah informasi yang diperlukan oleh sebuah program pada komputer. Proses manajemen data ini dikenal dengan DBMS (Database Mangement System). Contohnya adalah Microsoft Access, Microsoft SQL, Paradox, Appreach, dan lain-lain.

 

e. Graphic

Merupakan program lunak aplikasi yang berfungsi untuk keperluan membuat dan mengedit data berupa gambar dan video. Contohnya adalah Adobe Photoshop, Corel Draw, Stanford Graphics, Visio, dan lain-lain.

 

f. Accounting Program

Merupakan perangkat lunak aplikasi yang berfungsi untuk mengelola data yang berhubungan dengan proses perhitungan, keuangan, dan akuntansi. Contohnya adalah MYOB, Dac Easy Accounting, Pacioli Zoo, Peach Tree Accounting, dan lain-lain.

 

g. Statistics Program

Merupakan perangkat lunak aplikasi yang berfungsi untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistika. Contohnya adalah SAS, SPSS, Statistica, dan lain-lain.

 

h. Communication

Merupaka perangkat lunak aplikasi yang berfungsi untuk berkomunikasi dengan pengguna komputer lainnya, baik yang berada dalam satu jaringan lokal maupun berbeda jaringan. Contohnya adalah Datafax, Pro Comn Plus, Crass Talk, Carbon Copy, dan lain-lain.

 

i. Multimedia

Merupakan perangkat lunak aplikasi yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan peralatan media seperti kamera digital dan video player. Contohnya adalah Windows Media Player, K-Lite Codec, GOM Player, dan lain-lain.

 

j. Game

Merupakan perangkat lunak aplikasi yang paling banyak digemari oleh pengguna komputer khusunya kalangan anak-anak hingga dewasa. Perangkat lunak aplikasi ini berfungsi untuk melakukan sebuah permainan digital yang ditujuan sebagai media hiburan bagi pengguna komputer. Contohnya adalah Flight Emulator, Base Ball, PES, Prince of Persia, dan lain-lain.

 

3.Perangkat manusia (brainware)

 Perangkat manusia atau pengguna (brainware) adalah manusia, pengguna, ataupun user yang menggunakan perangkat-perangkat kompute, baik perangkat keras maupun perangkat lunak komputer. Pengguna pada komputer terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu:

·        Sistem Analis, adalah seseorang yang melakukan rancangan analisis sistem yang kemudian akan dikerjakan oleh seorang programmer.

·        Programmer, adalah seseorang yang mengerjakan program berdasarkan analisis sistem yang diberikan oleh seorang analis sistem.

·        Operator, adalah seseorang yang menjalankan program yang telah dikerjakan oleh seorang programmer.

D.    PENGGOLONGAN KOMPUTER

·        Literatur terbaru tentang komputer melakukan penggolongan komputer berdasarkan tiga hal: data yang diolah,penggunaan, kapasitas/ukurannya,dan generasinya.

1. Berdasarkan Data Yang Diolah

·        a. Komputer Analog

·        b. Komputer Digital

·        c. Komputer Hybrid

2. Berdasarkan Penggunannya

·        a. Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)

·       b.  Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)

3.Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya

·        a. Komputer Mikro (Micro Computer)

·        b. Komputer Mini (Mini Computer)

·        c. Komputer Kecil (Small Computer)

·       d.  Komputer Menengah (Medium Computer)

·        e. Komputer Besar (Large Computer)

·        f. Komputer Super (Super Computer)

4. Berdasarkan Generasinya

·        a. Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

·        b. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)

·        c. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

· d.Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)

·        e.  Komputer Generasi Kelima

Referensi :

https://calon-amd.blogspot.com/2019/07/elemen-penyusun-sistem-komputer.html?m=1

http://staffnew.uny.ac.idmodulpengantaraplikasikomputer


Komentar